Net Centric Warfare (NCW)

Nama            : I Made Pastika Rahayu
Nim              : 1905551090
Dosen           : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Matakuliah   : Network Centric Principles
Kampus        : Universitas Udayana, Fakultas Teknik, Program Studi Teknologi Informasi

Net Centric telah banyak digunakan dan dimanfaatkan, di mana paradigma jaringan untuk konfgurasi tidak lagi sebatas hardware tapi (full) software secara keseluruhannya yang telah diterapkan dalam berbagai bidang, salah satu penerapan Net Centric pada bidang militer, sesuai namanya dunia militer orang umum menyebutnya dengan nama Net Centric Warfare. Net Centric Warfare yang berarti paradigma infraksutruk dalam membentuk keamanan TI pada bidang Teknologi Informasi. Paradigma yang membentuk Net Centric dalam Warfare dari sisi teknis serta simulasi diulas sebagai berikut.

  • Net Centric Warfare (NCW)

Net Centric Warfare merupakan sebuah penerapan Net Centric Principles khusus untuk kebutuhan militer yang meliputi teknikal peperangan, strategi, hingga pemindaian musuh. .Banyak diterapkan di negara – negara maju (Amerika Serikat, Eropa, Rusia, Cina/RRC, Jerman), bahkan Indonesia akan  mengadopsinya (TNI AU, AD, AL) .Era perang 3.0 tidak lagi bergantung pada pasukan, jenderal ahli perang, dan peralatan tempur fsik, tapi bagaimana ketahanan di sisi teknologi informasi 

Sumber I Putu Agus Eka Pratama,“PPT Matakuliah Network Centric Principles Pertemuan 4: Net Centric Warfare (NCW)” 2022.  

Keterhubungan   secara   elektronik   berlaku   mulai dari tataran strategis, taktis  hingga  operational  dari suatu  operasi  militer  gabungan,   mulai   dari  para panglima  perang  di   markas komando  atau  para komandan pasukan di Puskodal hingga ke unit-unit pasukan tempur di medan pertempuran. Dengan  adanya  teknologi  Internet   SIPRNet  serta penggunaan  satelit   mata-mata dan   satelit   GPS, memungkinkan NC memvisualisasikan sebagai mengendalikan operasi militer langsung secara jarak jauh (remotely).

  • Teknologi Pada Centric Principle

Net Centric Principle pada prinsipnya dalam membentuk infrastuktur TI yang  terkait dalam infrakstruktur data, informasi, komunikasi, konten, koneksi, protokol, layer, intranet, internet dengan memperhatikan sisi kemanan, berikut teknologi yang terkait dalam Net Centric Principle.

  1. Cloud Computing yaitu sebuah kombinasi pemanfaatan jaringan internet yang mana berfungsi untuk menyimpan berbagai file dalam satu basis data. Teknologi ini, data disimpang di server tertentu, begitupula dengan software atau aplikasi lainnya sehingga memungkinkan satu komputer server untuk membagikannya dengan komputer lainnya yang terhubung.
  2. Sensor yaitu alat pendeteksian atau pemindaian saat melakukan pengukuran atau pengendalian oleh node – node sensor.
  3. Wireless Sensor Network (WSN) yaitu suatu peralatan sistem embedded yang didalamnya terdapat satu atau lebih sensor dan dilengkapi dengan peralatan sistem komunikasi. Sensor disini digunakan untuk menangkap informasi sesuai dengan karakteristik lebih dinamis dan variannya (ex : Wireless Body Area Network dengan nano komputer).
  4. Nano Computer yaitu perangkat chip yang kecil , namun memiliki performa yang tinggi dalam melengkapi kemampuan dari cloud computing, sensor, dan wireless sensor network sisi mobilitas komputasi.
  • Software Define Networking (SDN)

 Software Defned Network (SDN) adalah istilah yang merujuk pada konsep/paradigma baru dalam mendisain, mengelola dan mengimplementasikan jaringan, terutama untuk mendukung kebutuhan dan inovasi di bidang ini yang semakin lama semakin kompleks dengan dengan melakukan pemisahan eksplisit antara control dan forwarding plane, serta kemudian melakukan abstraksi sistem dan meng-isolasi kompleksitas yg ada pada komponen atau sub-sistem dengan mendefnisikan antar-muka (interface) yg standard.

Software Defned Network (SDN) merupakan bagian dari Cloud Computing yaitu IAAS Cloud yang dapat membantu sistem administrator dan perusahaan di dalam manajemen jaringan secara lebih baik yang berdampak salah satunya pada Warfare, information Centric, Data Centric.

  • Refrensi

I Putu Agus Eka Pratama,“PPT Matakuliah Network Centric Principles Pertemuan 4 : Net Centric Warfare (NCW)” . 

Tinggalkan komentar